Wednesday 14 September 2016

Special To The Best Behaviour

Malam ini hujan sangat deras. Senandung Doa dan Pembaca Kalam Illahi tak henti di telinga saya.
Banyak sekali Ilmu pengukuhan pribadi yang telah saya lupakan. Meskipun bacaan sebagai ilmu dan pengukuhan, setidaknya dapat memetik dari apa yang saya baca. 
Selama ini banyak sekali yang telah saya lewati. Hari ini adalah hari ketenangan, meskipun hujan di luar sana semakin deras. Namun hati terasa nyaman, tak lepas Kalam Illahi terdengar dengan sangat merdu. Mengevaluasi tetang yang lalu, sebagai pengalaman untuk di masa yang akan datang. 
Betapa pentingnya untuk mengasah akhlak pada jati diri, ilmu pengetahuan untuk suatu pencapaian pada tahap demi tahap sebuah kebaikan.


Pengertian Akhlak ;

Kata akhlak berasal dari bahasa Arab “khuluq”, jamaknya “akhlâq” yang berarti tabiat atau budi pekerti. Prof. Ahmad Amin, dikutif Hamzah Yaqub, mendefinisikan akhlak adalah “suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh setengah manusia kepada lainnya menyatakan tujuan yang harus dituju oleh manusia dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang harus diperbuat.” Sedangkan yang dimaksud dengan ilmu akhlak ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, antara yang terpuji dan yang tercela, tentang perkataan atau perbuatan manusia lahir dan batin. Senada dengan pengertian ini ulama lain menjelaskan bahwa ilmu akhlak adalah “ilmu pengetahuan yang memberikan pengertian tentang baik dan buruk, ilmu yang mengajarkan pegaulan manusia dan menyatakan tujuan mereka yang terakhir dari seluruh usaha dan pekerjaan mereka.” Kata akhlak di dalam al-Quran disebutkan pada surat al-Qalam (68): 4, sedangkan di dalam hadits dijelaskan pada sebuah hadits yang diriwayatkan dari imam Ahmad.


Special To The Best 


No comments:

Post a Comment